Menuju PON XXI 2024, Asprov PSSI Riau Seleksi 50 Pemain 

Menuju PON XXI 2024, Asprov PSSI Riau Seleksi 50 Pemain 
Ketua Umum Asprov PSSI Riau Edwar Riansyah SE MM bersama bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat membuka Liga 3 Asprov PSSI Riau yang digelar di Kabupaten Siak beberapa waktu lalu. (Dok: celotehriau.com )

Mengusung target lolos ke pesta multi Iven PON XXI 2024  di Aceh dan Sumatera Utara, Asprov PSSI Riau bergerak cepat, menggelar seleksi pemain bayangan PON Riau.

PEKANBARU, celotehriau.com -- Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Riau periode 2022- 2027 yang dikomandoi Edward Riansyah SE MM memiliki mimpi tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh, Sumatera Utara.

Setelah menjadi kontestan saat Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON ) XIX 2012.

Langkah awal yang dipersiapkan oleh PSSI untuk meraih target itu adalah dengan melakukan seleksi pemain pada Ahad (26/3/2023)

Para pemain yang mengikuti seleksi awal ini berjumlah 50 pemain merupakan jebolan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X 2022 dan kompetisi Liga 3 Asprov Riau. Pemain yang dipanggil mengikuti seleksi adalah pemain pantauan tim talent scouting.

Dari jumlah itu akan dipilih 44 pemain sebagai bagian dari tim bayangan 200 persen.Jumlah ini akan terus diciutkan 22 pemain atau 100 persen skuad tim PON Riau.

"Akhir pekan ini kita akan seleksi pemain untuk tim Pra PON. Seleksinya tertutup hanya untuk yang dipanggil saja," kata ketua Asprov PSSI Riau, Edward Riansyah.

Seleksi ini kata Edu, merupakan pemain hasil pantauan saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Liga 3 dan kejuaraan lainnya. Ini pula yang mendasari Asprov PSSI Riau menggelar seleksi tertutup. "Jumlahnya ada sekitar 50-an pemain," ujarnya.

Seleksi akan dihadiri langsung pelatih timnas U 16 Bima Sakti Tukiman yang baru saja diminta  mendampingi Coach  Indra Sjafri menukangi timnas untuk SEA Games. Mantan kapten timnas ini akan memberikan motivasi kepada pemain bersama dua asisten pelatih yang sudah ditunjuk Asprov PSSI Riau, Ambrizal dan Lutfi Yasin.

"Mas Bima Sakti Insya Allah hadir memberikan motivasi.Sedianya caoch Bima  akan mendampingi coach Indra Sjafri persiapan timnas SEA Games,.namun , keberangkatannya ditunda, dan Alhamdulillah sudah memastikan hadir," ujarnya 

Seleksi ini kata pria yang akrab disapa Edu ini , lebih kepada perkenalan pemain. Pelatih sendiri juga merencanakan membuat sebuah pertandingan antar pemain yang dipanggil seleksi.

Setelah seleksi dilakukan,.Asprov PSSI Riau akan menyerahkan data pemain yang terpilih masuk dalam skuad 200 persen tim bayangan PON Riau ke KONI Riau pada 28 Februari 2023. Dan kepada para pemain yang terpilih diminta untuk latihan mandiri selama Ramadhan. Sebab setelah Lebaran Idul Fitri, latihan rutin akan digelar.

"Kami akan menerapkan promo dan degradasi. Jadi saya berharap para pemain terpilih tetap berlatih secara mandiri. Jangan sampai setelah Lebaran, saat kita menggeber latihan, fisik pemain drop," ucapnya 

Ya, awalnya, PSSI Pusat membuat syarat usia pemain di Pra PON adalah dibawah 23 tahun. Saat di ajang Porprov 2022 lalu , tim analisis mengikuti syarat tersebut.Namun syarat ini berubah lagi menjadi dibawah 20 tahun. Akhirnya, jajaran tim analisis menyisir lagi dan mencari pemain potensial sesuai syarat usai yang terbaru. 

Ada beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh PSSI pusat untuk cabang olahraga sepakbola PON XXI/2024. Syarat tersebut diantaranya atlet maksimal kelahiran 1 Januari 2003 dan pemain amatir. Sehingga pemain Liga 1, Liga 2, tidak boleh tampil karena sudah pemain profesional.(IUD)

Berita Lainnya

Index